Monday, May 30, 2011

Tips Perbaiki Laptop

Tips Memperbaiki Laptop

dikutip dari : http://poetra25.blogspot.com 

Laptop, kini mungkin sebagai barang bukan mewah lagi karena hampir setiap elemen masyarakat mampu membeli dan menggunakannya. Sehingga perkembangan jumlah laptop begitu pesat di dunia ini.

Pernahkah anda bertanya, kenapa laptop menjadi pilihan?? mungkin alasan sederhananya adalah sifat praktis dari laptop itu. Alasan Lainnya adalah Laptop tidak memerlukan banyak ruang seperti PC Desktop. Serta kemudahan mobilitas bagi para eksekutif yang super sibuk.


Perbaikan Komputer laptop Merupakan proses rumit yang membutuhkan bantuan layanan khusus dan Dukungan. Kebanyakan merek komputer laptop datang dengan garansi untuk suku cadang dan layanan serta Pemeliharaan yang terbatas. Idealnya, itu adalah hal terbaik untuk layanan Memanfaatkan garansi tersebut serta Pemeliharaan. Tetapi bagaimana bila masa garansinya telah habis.

Sekarang mari kita lihat bagian dari laptop sering mengalami kerusakan dan membutuhkan layanan perbaikan.


1. Perbaikan Keyboard Laptop

- Yang rawan terjadi pada keyboard laptop adalah terkena air, susu, kopi atau benda cair lainnya. Hal ini cukup membahayakan bagi laptop itu sendiri.Tips untuk masalah ini adalah, matikan dahulu laptop yang terkena cairan, lalu miringkan laptop ke arah tempat DVD-drivenya. Jangan menggunakan pengering rambut untuk mengeringkan keyboard, karena dapat melelehkan komponen yang ada di dalam laptop.
- Kebanyakan keyboard yang diikat oleh beberapa sekrup terhubung ke motherboard dengan konektor. menangani Konektor keyboard perlu sedikit hati-hati, bila anda ragu-ragu, jangan melakukannya sendiri, karena dapat menyebabkan masalah yang lebih besar pada motherboard,jika anda melepaskan hubungan keyboard secara sembarangan
- Jika beberapa tombol keyboard tidak berfungsi, Anda mungkin juga harus mengganti seluruh keyboard. Karena seluruh keyboard merupakan suatu kesatuan yang tidak terpisah, sehingga bila rusak satu maka penggantian keyboard secara keseluruhan.

Sebaiknya, jangan melakukan pembongkaran keyboard dirumah tanpa diawasi oleh seorang yang memang ahli dalam perbaikan laptop. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan tambah parah dan bisa menjadi lebih mahal biaya perbaikannya


2. Memperbaiki Layar Laptop

Sebuah layar laptop perlu diperbaiki bila Anda tidak dapat melihat tampilan atau terlihat hanya gambar yang samar pada layar laptop anda.
- Sebuah layar laptop tampil dengan cahaya dari belakang, adalah neon tabung, sekitar sepersepuluh dari ukuran lampu neon rumah Anda. Tabung ini melekat pada papan sirkuit kecil dengan sebuah kabel. Papan rangkaian mirip dengan ‘starter’ dari neon. Papan sirkuit ini disebut Inverter. Diatur memberikan kekuasaan kepada Backlight untuk menerangi layar.
- Apabila layar anda tidak menampilkan gambar atau gambar yang di tampilkan sangat samar maka kemungkinan yang bermasalah adalah backlight inverter-nya. Yang haris anda lakukan adalah mengganti backlight inverternya. Jika suatu saat terjadi karena laptop anda terjatuh, pastikan dulu cartu memori RAM anda terpasang dengan baik. Karena hal ini juga dapat menyebabkan layar tidak menampilkan gambar.
- Selain itu, bisa juga terjadi pada kartu grafis yang terpasang pada motherboard anda. Untuk mengetahui apakah VGA anda bermasalah adalah dengan menghubungkan laptop anda dengan monitor eksternal. Jika monitor ekstenalnya dapat menampilkan gambar, berarti VGA anda tidak msalah.

Jadi dalam melakukan perbaikan LCD laptop, sebaiknya anda tau bagian mana yang rusak. Sehingga anda tidak tertipu oleh beberapa oknum yang membesar-besarkan masalah laptop anda sehingga uang yang anda keluarkan juga menjadi lebih sedikit.


3. Baterai Laptop


Baterai laptop yang tidak dapat mengeluarkan daya atau tegangan listrik. Mungkin anda pernah mendengar iklan yang berjanji untuk untuk memperbaiki kembali/rekondisi baterai laptop Anda sehingga sehingga baterai anda normal kembali seperti semula. Sebelum anda melakukannya, periksa garansi laptop anda, karena bila anda membongkar baterai anda sebelum habis masa garansi, maka masa garansi tersebut tidak berlaku lagi. Juga, kemungkinan apa yang dijanjikan oleh iklan tersebut tidak benar. Tindakan Terbaik di sini adalah untuk mengganti baterai dengan yang baru. Kebanyakan baterai laptop sangat mudah mencabut dan menggantinya.


Sebelum anda melakukan Perbaikan

Idealnya, orang harus membiarkan para ahli melakukan pekerjaan mereka. Tetapi pekerjaan kecil dapat dilakukan di rumah, oleh Anda. Sebelum Anda mulai memperbaiki laptop Anda atau mengganti bagian dari semua laptop Anda sendiri, Anda harus memiliki beberapa alat. antara lain :

- Obeng Phillips (tipe 0).

- Obeng Phillips (Type1).

- Elektronik Grounding Body untuk mencegah elektronik statik dari tubuh kita yang akan menyebabkan kerusakan pada komponen.

- Tang Hidung Panjang (Tang Buaya).

- Pincet atau penjepit.

Sebelum Anda menggunakan obeng khusus untuk membuka tutup bagian laptop Anda, lihat dengan hati-hati. Sekrup laptop memiliki nomor, yang akan memberitahu Anda jenis obeng untuk digunakan. Hindari tempat yang mungkin terjadi lucutan listrik statis karena hal ini dapat merusak semua upaya perbaikan laptop Anda. Jauhkan semua sekrup di satu tempat, membuat catatan ketika Anda memeriksa semua konektor dan koneksi sebelum Anda melanjutkan ke bagian lainnya. Dan yang paling penting, matikan laptop sebelum Anda mencoba perbaikan apapun.

Selamat mencoba

No comments:

Post a Comment