Friday, May 27, 2011

Tentang Sagusala

Tentang Sagusala (dikutip dari IGI profil)

Di antara sekian banyak kompetensi yang perlu dimiliki guru saat ini adalah ketrampilan menciptakan dan mengoperasikan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai medium pembelajaran yang sangat menentukan di masa depan. Sekarang, internet memegang peranan yang sangat penting bagi dunia pendidikan, baik sebagai penyedia konten pembelajaran, sebagai media pembelajaran dan sekaligus sebagai alat pembelajaran. Sedangkan multimedia  dalam pembelajaran terbukti mampu menunjang efektivitas dan efisiensi proses pembelajaran.

Untuk mengupayakan agar para guru melek TIK dan pro aktif menggunakannya dalam pembelajaran, Ikatan Guru Indonesia dengan support dari Intel Indonesia Corporation membuat program “Sagusala” (Satu Guru Satu Laptop) yang merupakan terobosan agar setiap guru di Indonesia memperoleh kemudahan dalam memiliki laptop sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran.

Teknologi_Utk_Belajar_-_03_-_Pencanangan_Di_Jatim.jpg
LAUNCHING SAGUSALA. Dari kiri ke kanan: Triana Mulyatsa (EGM Divre V Telkom Jatim,
Budi Wahyu Jati (Country Manager Intel Indonesia Corp),
Mohammad Ihsan (Sekjen IGI), Suwanto (Kepala Diknas Jatim),
Asisten III Pemprov Jatim, Prof Baedhowi (Dirjen PMPTK),
Satria Dharma (Ketum IGI)


Acara launching Sagusala diadakan di Hotel Sheraton Surabaya pada tanggal 29 Agustus 2009 dalam sebuah seminar bertema "Teknologi Untuk Belajar" yang dihadiri pejabat pemkot dan kepala Dinas Pendidikan se-Jatim, guru, kepala sekolah, serta pengurus IGI se-Indonesia. Tagline "teknologi untuk belajar" memang dikedepankan, karena semangat yang digelorakan bukanlah belajar memakai teknologi, tetapi yang lebih tinggi dari itu adalah menggunakan teknologi ke dalam proses belajar mengajar.
Menkominfo_Di_Sagusala_Fair.jpg
Prof. Dr. Mohammad Nuh, DEA (Menkominfo, saat ini Mendiknas)
didampingi Drs Suwanto, MSi (Kepala Diknas Jatim),
saat meninjau "Sagusala Fair" dalam arena Pekan Informasi 2009
di Malang, 29 Mei - 3 Juni 2009
Untuk terus mendorong perlunya guru memiliki laptop, IGI bersama Intel melakukan kampanye Sagusala di berbagai kota di Indonesia dalam bentuk seminar dan workshop, serta pameran.

No comments:

Post a Comment